Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada adalah salah satu sekolah kedokteran tertua. Fakultas ini didirikan pada tanggal 5 Maret 1946. Visi dan misi FK UGM tidak dapat dipisahkan dari visi dan misi Universitas untuk menjadi Fakultas Kedokteran yang berkelas dunia, inovatif, dan unggul untuk melayani para dokter. kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai dengan nilai-nilai budaya nasional berdasarkan Pancasila.

Oleh karena itu, rencana strategis fakultas dan rencana operasional ditentukan untuk mencapai visi dan misi. Upaya sinergis yang dilakukan adalah melalui percepatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sebagai lembaga pembelajaran berbasis penelitian yang memiliki reputasi internasional di bidang pendidikan, penelitian dasar, klinik dan layanan masyarakat berkelanjutan.

Tinjauan Pendidikan Kedokteran UGM

Selain Fakultas Kedokteran Umum, UGM juga memiliki beberapa fakultas yang terkait dengan keluarga ilmu serupa, yaitu Kedokteran Internasional Kelas Internasional, Kedokteran Gigi dan Kedokteran Hewan. Anda dapat mendengarkan informasi berikut:

Fakultas Kedokteran Umum UGM

Kini, FK UGM sebagai institusi pendidikan telah menjadi institusi yang tidak hanya menghasilkan lulusan dokter umum. Fakultas UGM memiliki 3 program sarjana di tingkat sarjana, yaitu Pendidikan Kedokteran, Perawatan dan Nutrisi untuk Kesehatan. Ada juga 6 program magister atau magister, 20 spesialisasi, 1 program doktoral, 32 departemen dan 9 pusat studi.

Sejak 2013, Program Pendidikan Fakultas Kedokteran UGM telah memasukkan fase pendidikan sarjana dan fase rotasi klinis yang telah berubah menjadi Program Studi Pendidikan Kedokteran (PD). Mahasiswa PD melakukan berbagai praktik klinis di berbagai rumah sakit akademik yang dikoordinasi oleh Fakultas Kesehatan UGM, termasuk Dr. Soeradji Tirtoegoro, Klaten dan Dr. Sardjito Yogyakarta dari RSUP.

 Baca juga : Biaya IUP UGM Kedokteran

Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Fakultas Kedokteran Gigi UGM adalah institusi pendidikan tinggi yang menghasilkan dokter gigi dengan perspektif global dan profesional, setia dan saleh, mandiri, etis, dan berwirausaha. Fakultas Kedokteran Gigi UGM memiliki alumni dari seluruh negeri untuk berbagai bidang profesional. Baik sebagai guru atau peneliti di personil pemerintah, lembaga penelitian, industri milik pemerintah dan berbagai posisi penting lainnya.

Keberhasilan ini karena kerja keras semua staf fakultas ini. Fakultas Kedokteran Gigi UGM juga selalu meningkatkan berbagai elemen dan fasilitas. Sampai sekarang, Fakultas Kedokteran Gigi UGM telah mampu memposisikan diri sebagai penyedia terbaik pendidikan gigi tinggi di Indonesia. Fakultas ini telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional untuk Pendidikan Tinggi).

Ada dua program studi S1 ​​di fakultas ini, yaitu keperawatan gigi dan pendidikan gigi.

Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Fakultas Kedokteran Hewan UGM didirikan pada 20 September 1946. Sekarang, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH-UGM) telah mengelola 4 program studi termasuk Program Studi Pendidikan Profesi Hewan (PPDH), Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan (SKH), Program Magister Ilmu Kedokteran Hewan, dan Program Studi Doktoral dalam Ilmu Kedokteran Hewan.

Tujuan pendidikan di FKH-UGM adalah untuk menghasilkan dokter hewan yang mampu mengobati penyakit hewan dan untuk menyelaraskan kesehatan hewan dengan manusia dan lingkungan mereka dan untuk melakukan tugas-tugas teknis untuk memenuhi Standar Kompetensi Profesional Veteriner.

Tugas teknis yang dilakukan oleh dokter hewan adalah diagnosis, perawatan, pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan menular dan penyakit zoonosis. Untuk informasi mengenai IUP UGM kamu bisa ke laman https://iup-ugm.com.