Manfaat Laporan Konsolidasi sangat beraneka ragam yang tentunya akan berguna untuk membantu memajukan perusahaan atau usaha yang dijalani. Sehingga dalam penyusunan laporan konsolidasi pun harus dengan benar sesuai dengan data-data nyata pada perusahaan. Konsolidasi atau peleburan dalam perbuatan hukum yang dilakukan oleh dua perseroan terbatas atau lebih yang meleburkan diri. Caranya yaitu dengan mendirikan satu perseroan terbatas yang baru.

Manfaat Laporan Konsolidasi untuk Perusahaan

Sebelum mengetahui Manfaat Laporan Konsolidasi, alangkah baiknya Anda mengetahui laporan keuangan konsolidasi secara mendetail terlebih dulu. Laporan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi yang berguna untuk induk perusahaan dan anak perusahaan. Seakan-akan entitas individual tersebut merupakan satu entitas atau satu perusahaan.

Laporan Konsolidasi dapat diartikan sebagai laporan gabungan antara perusahaan induk dan perusahaan anak. Atau dapat dikatakan juga perusahaan pusat dan cabang. Laporan ini dapat dilihat dari berbagai segi pandang. Segi pandang yang paling umum yaitu dari kepemilikan saman yang ditanamkan investor. Semakin tinggi saham yang diinvestasikan maka akan semakin leluasa juga kuasa terhadap anak perusahan.

Laporan konsolidasi terdiri dari laporan arus kas konsolidasi, laporan laba rugi, neraca konsolidasi dan laporan laba yang ditahan konsolidasi.  Secara umum, prosedur pembuatan laporan ni merupakan penggabungan dengan cara menambahkan laporan keuangan yang terpisah secara bersama-sama.

Baca juga : Apa Itu Intensifikasi Pajak

Laporan konsolidasi diperlukan ketika ada perusahaan yang bergabung dimana perusahaan tersebut memiliki kontrol terhadap perusahaan yang lain. Tujuan adanya laporan ini berguna untuk memberikan gambaran yang objektif dan sesuai atas keseluruhan posisi maupun aktivitas dari satu perusahaan. Manfaat adanya laporan keuangan konsolidasi yaitu:

  1. Memberikan gambaran tentang total sumber daya perusahaan hasil gabungan dibawah kendali induk perusahaan secara jelas dan terperinci. Gambaran tersebut akan diperlihatkan kepada para pemegang saham, kreditor, maupun penyedia dana lainnya.
  2. Memberikan informasi terkini mengenai manajemen induk perusahaan dan juga mengenai operasi gabungan dari entitas konsolidasi terhadap kinerja.
  3. Memberikan informasi terbaru dan terkini bagi manajemen induk perusahaan mengenai kinerja karyawan pada anak perusahaan.
  4. Menyembunyikan kinerja perusahaan individu yang tidak bagus dengan kinerja perusahaan lain yang lebih bagus.
  5. Laporan bermanfaat untuk jangka panjang yaitu efek baik anak perusahaan terhadap induknya.
  6. Laporan konsolidasi juga bermanfaat untuk informasi pihak luar baik para investor maupun lembaga pinjaman modal.
  7. Tidak seluruh saldo laba ditahan oleh konsolidasi yang berguna untuk dividen induk perusahaan maupun aktiva.
  8. Tidak seluruh akun dapat dibandingkan, misalnya akun piutang,
  9. Banyak informasi tambahan yang dibutuhkan untuk memberikan penyajian yang wajar.

Selain memiliki banyak manfaat, ada juga beberapa kekurangan dari laporan konsolidasi :

  1. Rasio keuangan tidak mencerminkan rasio keuangan perusahaan
  2. Kurang lengkapnya catatn laporan keuangan perusahaan individu
  3. Rasio keuangan tidak mencerminkan rasio keuangan dari perusahaan
  4. Kinerja keuangan anggota perusahaan yang kurang atau bahkan tidak bagus akan tertutupi.

Laporan keuangan konsolidasi dari perusahaan gabungan ini tentu agak rumit. Namun dengan adanya Finata yang merupakan Software Bisnis tentu akan memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan. Tidak hanya untuk laporan konsolidasi saja, tetapi juga digunakan untuk laporan individual

Manfaat Laporan Konsolidasi sangat beraneka ragam untuk perusahaan yang melakukan peleburan. Dengan adanya Finata, pekerjaan Anda akan lebih mudah dan cepat. Berbagai fitur menarik di dalamnya yang dapat digunakan oleh para pengguna.