Yang gratis selalu diburu. Siapa yang mencoba untuk tidak menyukainya secara gratis? Hanya orang yang sudah kaya, mungkin, yang tidak suka kebebasan. Jika saya melakukannya, selama itu gratis, mengapa harus membayar? Ha ha ha

Termasuk membaca novel, santai karena saya bukan orang yang mudah menghabiskan uang, jadi jika Anda ingin membeli buku fisik di toko buku atau toko online, Anda harus berpikir puluhan kali. Apalagi jika hanya memuaskan kehausan untuk membaca. Dalam bahasa lain, saya menyedihkan tapi keren.

Karena keterbatasan itu, saya harus mencari cara agar otak saya tidak terlalu tenang dengan membaca, terutama novel roman atau mungkin itu sesuai dengan selera saya. Mencari buku-buku diskon adalah salah satunya, ditambah lagi saya sedang mencari e-book atau buku yang bisa dibaca oleh komputer. Karena Internet telah menjadi must-have, buku-buku penulis populer atau best seller telah menjadi e-book.

Atau mungkin orang harus menginstal aplikasi khusus untuk membaca e-book, tetapi belakangan ini telah ditinggalkan karena dianggap rumit. Saya termasuk orang malas yang rumit. Saya ingin itu dapat dibaca setelah diunduh tanpa perlu otak untuk bermain lagi. (Jika Anda tidak ingin rumit, beli bukunya, Mel!): D

Baiklah.

Tetapi jika Anda membaca di komputer lelah, kan? Saya tidak bisa tidur, saya tidak bisa membaca novel dengan angkot atau kereta api, hanya saja itu tidak terlalu mobile, deh …

Baca juga : Aplikasi TV Offline

Untungnya, hari-hari ini kita semua sangat mudah dengan segala sesuatu mulai dari membaca buku, mencari makanan, mencari ojek, mencari taksi, akomodasi, tiket pesawat, kereta api dan lain-lain. Apa yang Anda ingin hanya menjentikkan jari pada smartphone yang kita miliki? Tunggu … semuanya tersedia.

Ada satu situs web yang masih menjadi favorit saya sejauh ini jika Anda membutuhkan bacaan ringan, situs web ini banyak novel menarik (novel berkelanjutan) yang dibuat oleh para anggotanya. Ini disebut Wattpad. Saya membaca cerita di Wattpad selama beberapa tahun, tetapi saya baru membuat akun 4 tahun yang lalu. Di masa lalu, saya dulu suka membaca fanfiction, biasanya cerita dari aktor drama Korea seperti itu: D

Karena saya memiliki smartphone Android, aplikasi wattpad ini benar-benar menjadi favorit saya. Karena bahkan tanpa internet, saya masih bisa membaca kelanjutan dari cerita yang ditulis oleh penulis. Cerita-cerita yang ditulis di wattpad, menurut saya, tidak kalah hebat, sungguh, dengan cerita-cerita dari buku, yang telah diterbitkan. Indie dan yang lebih tua. Aplikasi ini dapat menyimpan banyak cerita yang kami sukai. Kita juga tidak perlu bingung sejauh mana halaman yang terakhir kita baca, karena Wattpad akan terbuka langsung di halaman terakhir yang kita baca. Demikian pula, jika ada cerita baru, yang ditulis oleh penulis, jika Anda terhubung ke Internet, akan ada pemberitahuan langsung, kami juga dapat memberikan komentar, tanggapan terhadap cerita tersebut. Menarik … Wattpad menawarkan banyak pilihan bahasa, karena pengguna sendiri berasal dari berbagai negara.

Namun sebenarnya, kita harus menunggu dengan sabar untuk cerita berakhir di Wattpad, terutama jika itu sesuai dengan bagian yang saya ingin tahu, kadang-kadang ada juga penulis yang malas atau kehabisan ide untuk melanjutkan seperti apa ceritanya, ada juga mereka yang benar-benar tidak punya waktu untuk menulis, memesan, semacam kendala. Meski ceritanya bagus. Jadi ya … sebagai pembaca, kita disuruh membuat sekuelnya juga.

Baca juga : Aplikasi Musik Online

Misalnya, kisah yang ditulis oleh @ lestari88 menceritakan, yang judulnya adalah mak comblang. Ini bercerita tentang seorang Bagas yang terpaksa diganti menjadi pengantin pria pada hari pernikahan saudara perempuannya. Yang saya sukai, ia menulis dari perspektif Islam. Tapi … ya itu … sudah setahun sejak cerita belum diperbarui. Hei

Selain wattpad dan novel dengan file PDF, ada juga aplikasi khusus yang dibuat oleh Oryzaee yang dapat kita unduh dan instal pada smartphone Android. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa membaca cerita hingga habis, serta membaca buku elektronik yang umum. Kekurangannya, tampilannya kurang menarik, dalam aplikasi hanya cerita. Jadi, jika Anda ingin diselamatkan (dengan cerita yang berbeda), Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi sesering mungkin. Dan itu widget menu atau pintasan di layar ponsel.

Jika Anda ingin membayar ada aplikasi yang disediakan oleh Google yang merupakan buku pedoman yang lebih baik kita dapat menyimpan banyak cerita seperti perpustakaan. Adalah baik untuk menggunakan buku-buku permainan, selain buku-buku dalam bentuk e-book yang diperbarui, harganya juga sedikit lebih murah daripada buku-buku asli yang kami beli dari toko buku.

Selain ketiga pilihan itu, tampaknya masih banyak aplikasi yang gratis, kami hanya memilih mana yang membuatnya nyaman dan sesuai selera.

Pembaruan portal yang menampilkan berbagai cerita asli Indonesia. Teman juga dapat membaca novel gratis di smartphone Android dari situs ceritera.net. Saya tertarik dengan kisah Legend 11 of Lamafa dalam sejarah.