Museum Batik Yogyakarta, adalah salah satu tujuan wisata yang pada dasarnya dapat mendidik tentang seni khas Indonesia, yang tidak lain adalah Batik. Di museum ini, Anda bisa menemukan koleksi yang mencapai ribuan, yaitu 1.200 koleksi batik. Ada 560 batik bermotif, 124 cantilever, 500 kain batik dan 35 panci, bahkan bahan batik dalam bentuk cairan malam dapat ditemukan di sini. Meluangkan waktu untuk bepergian sambil menikmati pelajaran tentang proses membatik tentu akan menjadi sesuatu yang sayang untuk dilewatkan saat berada di museum ini. Anda dapat menemukan serangkaian proses batik sesuai dengan makna masing-masing motif batik di museum ini. Tentunya, ini akan menambah pengetahuan Anda tentang batik.

Museum batik pertama di Yogyakarta juga telah memenangkan beberapa penghargaan. Beberapa penghargaan MURI juga telah berhasil diterima. Hadiah pertama yang dimenangkan adalah sulaman batik terbesar dengan ukuran yang mencapai 90 x 400 meter persegi. Hadiah ini dimenangkan pada tahun 2000. Setahun kemudian, museum batik kembali memenangkan hadiah dari MURI dan pelopor museum sulaman pertama di Indonesia. Dari serangkaian catatan, tentu saja, sangat menarik jika Anda bisa mengunjungi dan merasakan suasananya langsung di dalamnya.

Akses ke Museum Batik Yogyakarta

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi museum ini, tentunya Anda harus mengetahui akses ke lokasi. Akses masuk yang bisa dicapai cukup mudah karena ada banyak sarana transportasi yang dapat membawa Anda ke museum ini. Jika Anda berada di stasiun Lempuyangan, mengendarai becak mungkin bisa menjadi pilihan. Jika Anda ingin merasakan lebih banyak suasana Jogja, berjalan juga bisa menjadi pilihan bagi Anda. Bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan bus, untuk sampai ke museum ini, Anda dapat naik bus Transjogja di jalur 2A dan juga di 2B.

Baca juga : Daftar Travel Jogja Semarang

Harga tiket ke Museum Batik Yogyakarta

Seperti halnya museum pada umumnya, tentu saja ada sejumlah biaya yang dibebankan kepada pengunjung. Biaya yang dikenakan untuk memasuki museum batik Yogikkarta adalah lima belas ribu rupee per orang. Jam buka museum adalah dari Senin hingga Sabtu mulai jam 9:00 pagi. jam 3:00 siang Adapun waktu, tentu saja, ini sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan jadwal kosong. Jika Anda benar-benar ingin melakukan tur pendidikan santai di museum ini, maka akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan tur.

Aktivitas di Museum Batik Yogyakarta

Hal terpenting tentang kegiatan wisata adalah, tentu saja, kegiatan yang akan dilakukan selama kunjungan. Bagi Anda yang mengunjungi museum batik Yogyakarta, kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berada di museum termasuk belajar tentang berbagai jenis alat yang digunakan untuk membuat batik. Selain itu, Anda dapat memperkaya pengetahuan Anda dengan melihat ribuan koleksi batik. Anda dapat menemukan 1.200 koleksi batik. Ada 560 batik bermotif, 124 cantilever, 500 kain batik dan 35 panci, bahkan bahan batik dalam bentuk cairan malam dapat ditemukan di sini.

Itulah informasi tentang tujuan museum batik Yogyakarta, mulai dari akses ke tempat, harga tiket masuk hingga kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Jika Anda tertarik, maka sekarang saatnya untuk bersiap. Jangan lupa untuk mengundang kerabat Anda sehingga mereka dapat mendidik diri sendiri tentang seni Indonesia yang bangga ini. Ajarkan lebih banyak hal sehingga mereka dapat mengetahui dan mencintai budaya domestik.

Sumber : https://jogjalib.net