Museum Arkeologi Sangiran adalah museum yang telah dikenal sejak lama. Museum ini terletak tidak jauh dari area situs fosil kuno Sangiran yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Museum ini terletak di dalam kubah Sangiran yang merupakan bagian dari kaki Gunung Lawu.

Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, termasuk wisatawan asing. Dan jika Anda melihat turis yang masih pelajar, sangat umum mengingat museum ini adalah alat pendidikan untuk mengenal sejarah dunia kuno di Sangiran. Selain itu, yang menarik di museum ini adalah Anda dapat belajar tentang arkeologi, antropologi, geologi, dan biologi. Museum ini sangat menarik karena Anda dapat melihat fosil manusia purba, hasil kebiasaan manusia purba, fosil flora dan fauna kuno beserta ilustrasi.

Harga tiket masuk ke Museum Arkeologi Sangiran

Jika Anda memasuki kawasan wisata maka pasti Anda akan membayar tiket untuk masuk ke tempat itu. Dan harga yang ditentukan sendiri umumnya bervariasi antara satu tempat wisata dengan lainnya. Begitu juga dengan Museum Arkeologi Sangiran. Untuk harga yang harus Anda bayar saat memasuki objek wisata ini yaitu Rp. 5.000 jika Anda adalah penduduk setempat. Namun, jika Anda seorang turis domestik, Anda harus membayar Rp. 11.500 saja.

Baca juga : De Mata Trick Eye Museum

Lokasi Museum Arkeologi Sangiran

Untuk lokasi museum kuno ini sendiri, kami telah menjelaskan sebagian di atas. Namun, lokasi tepatnya di Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Lokasi museum ini berjarak sekitar 17 km dari kota Solo. Untuk mengunjungi museum ini Anda dapat melewati kota Solo dengan arah ke Purwodadi atau Anda dapat pergi ke kota Sragen. Kami menyarankan bahwa ketika Anda mengunjungi situs wisata ini untuk menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum di kota ini belum ditemukan.

Fasilitas di Museum Arkeologi Sangiran

Fasilitas yang disediakan ketika Anda mengunjungi tempat wisata Jawa Tengah, yaitu tempat untuk pemutaran film tentang kehidupan manusia prasejarah, gudang penyimpanan, toilet, ruang sholat dan banyak lagi. Untuk mengetahui beberapa fasilitas menarik di Museum ini, yaitu:

1. Film tentang kehidupan manusia prasejarah

Salah satu fasilitas menarik adalah pemutaran film tentang kehidupan manusia prasejarah. Dari film ini Anda dapat mengetahui apa yang terjadi di zaman prasejarah. Anda juga dapat merasakan suasana di zaman prasejarah.

Baca juga : Pantai Depok

2. Perpustakaan

Di museum ini juga ada perpustakaan. Di mana di perpustakaan ini Anda dapat membaca dan mengeksplorasi informasi yang lebih lengkap terkait dengan manusia dan kehidupan di zaman prasejarah.

3. Warung souvenir

Selain dua fasilitas ini, Museum ini juga memiliki kios suvenir yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan oleh-oleh khas Sangiran. Seperti T-shirt, gantungan kunci dan aksesoris lainnya. Dan tentu saja harga yang ditawarkan juga bervariasi sesuai dengan barang dan kualitasnya.

Jam buka Museum Arkeologi Sangiran

Museum Arkeologi Sangiran tidak buka setiap hari dan Anda harus mengetahui jadwal liburan karyawan di museum ini. Museum ini buka setiap hari Selasa hingga Rabu. Untuk jam buka dari museum sendiri mulai pukul 08.00 – 16.00. Jadi, setelah Anda tahu jam dan hari operasi tempat ini akan semakin memudahkan jadwal Anda ketika mengunjungi tempat yang satu ini.