Tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas Android semakin hari semakin meningkat. Banyak vendor bermunculan menjual smartphone menggunakan sistem operasi Android. Selain itu, terlihat juga bahwa semakin banyak orang ingin membuat aplikasi Android yang dapat dimuat di Google Play Store.

Kemajuan teknologi semakin cepat, sehingga bahkan aplikasi Android dapat dibuat dengan mudah dan tidak memerlukan keterampilan pengkodean. Untuk pemula yang ingin belajar cara membuat aplikasi Android, ada banyak alat untuk membuat aplikasi Android online yang dapat diakses melalui browser seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

MIT App Inventor

App Inventor adalah proyek dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang dibuat untuk mengajar semua orang, terutama pemula, cara membuat aplikasi Android dengan alat pemrograman berbasis blok. Dengan penampilan yang sederhana namun seperti fitur, pengguna akan merasa nyaman memakainya.

App Inventor digunakan dengan cukup mudah dengan hanya menyeret dan menjatuhkan dan menambahkan informasi atau data dan mengelola palet di bagian properti. App Inventor adalah alat untuk membuat aplikasi Android melalui browser yang memiliki fungsi yang cukup lengkap. Di bagian palet ada banyak fungsi yang bisa digunakan, seperti sensor, Bluetooth dan lainnya.

Baca juga : Aplikasi Pulsa Gratis

AppyPie

Dengan menggunakan situs ini, pengguna dapat membuat aplikasi Android secara online dan sangat mudah dan tanpa coding. Untuk mulai membuat aplikasi, cukup pilih kategori aplikasi yang akan dibuat, seperti bisnis, informasi, bisnis online, fotografi, pendidikan, dan lainnya. Kustomisasi kategori aplikasi yang akan dibuat dengan kategori yang tersedia di AppyPie.com.

Saat membuat aplikasi menggunakan AppyPie.com, cukup seret dan lepas untuk memudahkan pengguna yang tidak tahu penyandian menjadi sangat mudah. Setelah memilih kategori, pengguna akan memilih tema untuk tampilan aplikasi, lalu cukup ikuti instruksi untuk memposting aplikasi. Untuk berlangganan gratis, pengguna dapat membuat aplikasi Android, iOS dan HTML5.

AppYet

AppYet adalah situs berikutnya yang digunakan untuk membuat aplikasi Android online tanpa kode. Seperti yang dinyatakan di situs web resmi AppYet, 100% menggunakan kode asli sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat aplikasi Android secara online dan tidak perlu memahami bahasa pemrograman. AppYet ini mendukung pembuatan aplikasi seperti RSS, HTML5, Podcast, Youtube, TapaTalk, Twitter, dan lainnya.

Cara membuat aplikasi menggunakan AppYet cukup mudah memberikan nama aplikasi dan nama paket untuk aplikasi Android. Lanjutkan menambahkan modul yang tersedia. Modul-modul ini terkait dengan jenis aplikasi yang akan dilakukan, seperti RSS, Twitter, forum, dan modul lainnya.

Baca juga : Aplikasi Desain Rumah

AppsGeyser

Situs berikutnya yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android adalah AppsGeyser. Seperti situs lain, AppsGeyser memberikan kenyamanan dan penampilan yang menarik untuk membuatnya lebih mudah dan lebih cepat bagi pengguna untuk membuat aplikasi. Ada berbagai kategori aplikasi yang bisa dibuat, termasuk situs web, messenger, peta, RSS, dan lainnya.

Selain membuat aplikasi, pengguna juga dapat membuat game Android menggunakan AppsGeyser. Selain itu, pengguna dapat langsung menerbitkan aplikasi ke Google Play Store atau toko lain jika mereka sudah memiliki akun di toko itu yang disinkronkan dengan AppsGeyser. Jika tertarik, pengguna dapat mencoba dan mempelajari tutorial untuk membuat aplikasi Android menggunakan AppsGeyser di artikel sebelumnya.

Andromo

Seperti situs lain di atas, Andromo adalah situs yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android dengan mudah dan tanpa coding. Dengan Andromo, pengguna dapat membuat aplikasi seperti pemutar audio, peta, navigasi, Facebook, Twitter, video YouTube dan lainnya.

Selain itu, Andromo juga menyediakan fungsi monetisasi sehingga pengguna yang membuat aplikasi dapat memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di aplikasi yang telah dibuat. Andromo juga menyediakan layanan Google App Analytics yang berguna untuk mengetahui jumlah data pengguna lain yang menggunakan aplikasi yang telah dibuat.